Kamis, 23 Desember 2010

Maksimalkah Pelayanan Pengisian KRS melalui SIA ?

Saya sebagai seorang mahasiswa setiap awal semester mungkin selalu direpotkan dengan pengisian KRS ( Kartu Rencana Studi ). Pengisian KRS yang prosedurnya pertama-tama harus mengisi lembar KRS yang bisa di dapatkan dari Bapendik dengan terlebih dahulu harus memenuhi syarat administratif dilanjutkan dengan mengisi kartu KRS tersebut dengan persetujuan Dosen Pembimbing yang akhirnya memperoleh tanda tangan dosen Pembimbing sebagai syarat sah KRS telah terisi. Ternyata tak segampang itu, proses yang berbelit-belit yang tak pernah terbayang pun tiba. Mulai dari mahasiswa yang bertempat tinggal jauh misal luar kota yang harus rela kembali ke kampus untuk melakukan pengisisn KRS sampai dengan sulitnya berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing yang mungkin jarang di kampus karena perkuliahan masih libur.
Dari masalah pengisian KRS yang rumit tersebut kini mungkin dapat sedikit terbantu dengan hadirnya pelayanan pengisisan KRS melalui SIA ( Sistem Informasi Akademik ). SIA diharapkan membantu mahasiswa dalam melakukan pengisian KRS yang bisa di akses secara online dimanapun mahasiswa tersebut berada dengan syarat tersedia jaringan internet. Itu menandakan bahwa dengan adanya SIA mahasiswa dapat melakukan pengisian KRS secara jarak jauh tanpa harus repot-repot kembali ke kampus dalam masa liburannya untuk sekedar mengisi KRS.
Mungkin dengan adanya SIA berarti pengisian KRS dapat dengan mudah dilakukan melalui SIA dfan berarti segala urusan KRS terselesaikan. Namun faktanya walau sudah adanya pelayanan pengisian KRS melalui SIA mahasiswa masih harus mengisi KRS secara manual tertulis melalui serangkaian prosedur yang berbelit-belit. Seolah-olah Pelayanan pengisian KRS melalui SIA yang dimaksudkan akan mempermudah pengisian KRS pun seperti tak berguna karena masih tumpang tindih dengan melakukan pengisaian KRS secara manual. Seolah SIA menjadi penambah berbelitnya serangkaian prosedur pengisian KRS.
Semoga prosedur pengisian KRS dapat lebih mudah dilakukan Mahasiswa dengan hadirnya pelayanan pengisian KRS melalui SIA dengan bukan malah menambah rumit prosedur pengisian KRS karena terjadinya tumpang tiding antara prosedur manual tertulis dan prosedur Online melalui SIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar